BABINSA 1412-03/LASUSUA SERDA HAKIM DAMPINGI PETANI MERAWAT TANAMAN PADI

  Kolut. Untuk mengoptimalkan capaian panen ini, Babinsa Koramil 1412-03/Lasusua Serda Hakim melaksanakan pendampingan sekaligus membantu petani melakukan kegiatan penyiangan tanaman padi, milik Bapak Kanna, salah satu anggota Poktan Kembali sadar, di Desa Rante Baru, Kecamatan Rante Angin, Kabupaten Kolaka Utara, Selasa (2/10/18).

  Seperti yang kita ketahui bersama, perawatan tanaman padi sangat diperlukan terutama apabila sudah tumbuh rumput di sekitar tanaman tersebut jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat.

  Menurut Serda Hakim, salah satu tujuan penyiangan, untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara antara tanaman utama dan gulma, mengurangi hambatan produksi anakan selain itu agar sinar matahari dapat ditangkap oleh tanaman padi di bagian bawah. “Apabila tanaman utama terbebas dari gulma maka pencahayaan sinar matahari dapat secara maksimal diserap tanaman, tandas Serda Hakim. 

  Serda Hakim menambahkan ada sebagian pendapat yang mengatakan, rumput atau gulma yang dicabut saat penyiangan berlangsung dapat dipendam atau dimasukan ke dalam tanah di sela-sela rumpun padi, dengan harapan dapat menjadi pupuk organik yang akan menyuburkan tanaman padi itu sendiri.

Check Also

SUKSESKAN PROGRAM SWASEMBADA PANGAN, BABINSA BANTU PETANI PANEN PADI

  Kolaka. Babinsa Serma Abd Hafid Koramil 1412/Kolaka ikut membantu petani memanen padi di Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.